Marak Terjadi Bencana, PBNU Ajak Rakyat Donasikan Hartanya No ratings yet.

Nahdliyin.id, Jakarta – Pengurus Besar nahdlatul Ulama melalui salah satu badan otonom NU Care-LAZISNU menggelar program Siaga Bencana untuk merespons maraknya musibah yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia. Mulai dari tanah longsor, banjir bandang, puting beliung, serta erupsi gunung berapi.

Direktur NU Care-LAZISNU Syamsul Huda mengatakan, berdasarkan informasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) disebutkan bahwa 28 kabupaten/kota di Pulau Jawa dan Bali diterjang bencana alam.
Di Yogyakarta, misalnya. Di daerah tersebut terjadi banjir serta tanah longsor di 114 titik di 5 kabupaten/kota yang menyebabkan 5 orang meninggal dunia. Sementara itu di Pacitan 11 orang meninggal dunia karena banjir dan longsor.
Di Bali, Gunung Agung meletus dan menyebabkan 58.820 jiwa mengungsi di 238 titik. “Warga di 22 desa harus keluar dari radius berbahaya sejauh 8 sampai 10 kilometer. Warga tersebut terancam awan panas, aliran lava, guguran batu, lontaran batu pijar, dan hujan abu lebat,” kata Syamsul, Kamis (30/11/2017).
Tak hanya itu, bencana juga terjadi di wilayah Lombok Timur. Daerah tersebut diterjang banjir bandang yang meluluhlantakkan permukiman dan lahan pertanian di 15 desa di 4 kecamatan. Dari peristiwa ini, dikabarkan 2 orang meninggal dunia, 367 bangunan porak poranda. Total 2.280 warga terdampak langsung bencana banjir bandang di Lombok Timur.
“Alhamdulillah, NU Care-LAZISNU pada Senin 20 November malam, menjelang Munas dan Konbes NU terjun langsung ke lokasi bencana dan menyerahkan bantuan berupa sembako kepada warga terdampak,” ungkap Syamsul.
Atas musibah yang terjadi itu, Syamsul mengajak semua pihak untuk bersama-sama meringankan beban mereka melalui program Siaga Bencana yang diinisiasi NU Care-LAZISNU.
“Mari, salurkan kepedulian kita untuk saudara-saudara terdampak bencana melalui NU Care-LAZISNU dalam program Siaga Bencana,” seru dia.
Caranya cukup mengirimkan donasi ke nomor rekening di bawah ini:
BRI: 0335.01.000.735.303
BNI: 010.857.6.48
BCA: 0680.1926.77
a.n. Yayasan LAZISNU
Info dan konfirmasi donasi dengan menyerahkan struk atau bukti transfer ke nomor WA: 0813 9892 6900 (Siaga Bencana NU Care-LAZISNU). Format: Nama (spasi) Alamat (spasi) Donasi (nama daerah/lokasi bencana: Yogyakarta, Pacitan, Gunung Agung, Lombok Timur).
“Mari bergerak bersama untuk bencana yang melanda Indonesia,” pungkas Syamsul.

Please rate this

About Muhammad Hasan Bahtiar 606 Articles
Moderator